Proses Klaim Asuransi Mobil Di Indonesia Mengalami Penolakan? Bisa Jadi Ini Alasannya!

Saat melakukan klaim asuransi mobil tentu beberapa orang mengalami penolakan yang tidak diketahui apa penyebabnya. Sebenarnya bukan tidak diketahui, tetapi lebih kepada tidak paham bagaimana regulasi dan prosedur klaim asuransi mobil di Indonesia. Karena ketika klaim asuransi memang Anda membutuhkan beberapa dokumen yang jelas untuk mendukung proses klaim asuransi.

Kemudian Anda juga perlu alasan kuat, mengapa harus klaim asuransi disertai dokumen-dokumen bukti. Seperti misalnya foto bukti mengapa mobil mengalami kerusakan ataupun bukti video CCTV saat mobil alami kecurian. Bagi Anda yang penasaran, berikut beberapa alasan penolakan klaim asuransi mobil di Indonesia yang umumnya terjadi.

1. Polis Lapse

Yang pertama, bisa jadi polis asuransi Anda memang tidak aktif atau lapse sehingga klem tentu saja ditolak. Ini sering terjadi ketika anda belum membayar premi batas waktu, pembayaran sudah terlewati jadi otomatis perusahaan tidak akan membayar klaim yang anda ajukan. Tentu saja perasaan tidak akan merugi untuk mendanai kerusakan mobil anda sementara anda sendiri tidak membayar preminya tepat waktu.

Polis juga akan ditolak ketika polis tidak dalam masa tunggu. Masa tunggu adalah periode 1 bulan setelah polis asuransi Anda terbit. Dimana anda belum bisa ajukan klaim asuransi pada masa-masa tersebut. Jika dipaksakan, tetap saja klaim asuransi anda akan ditolak.

2. Kerusakan Mobil Terjadi Sebelumnya

Kondisi ini dipicu ketika mobil anda sudah mengalami kerusakan sebelum mendaftar asuransi. Otomatis kerusakan tersebut tidak akan masuk dalam klaim asuransi yang akan anda ajukan sekarang ataupun di kemudian hari. Karena tentu saja, perusahaan tidak merasa bahwa kerusakan mobil itu ikut dalam perlindungan asuransi yang baru dilakukan di kemudian hari.

3. Pelanggaran Peraturan

Proses klaim asuransi mobil di Indonesia otomatis akan ditolak jika anda melakukan pelanggaran. Seperti misalnya Anda melanggar hukum dengan tidak punya SIM atau mengendarai mobil ketika dalam kesadaran yang menurun akibat pengaruh alkohol. Anda yang tidak menaati peraturan lalu lintas saat kecelakaan mobil, klaim asuransi juga secara otomatis akan ditolak.

Saat mobil berada pada wilayah tertentu yang tidak termasuk dalam kesepakatan police namun mobil mengalami kecelakaan atau lecet, otomatis juga akan ditolak. Maka sebelum membeli asuransi baca terlebih dahulu poin-poin penting di dalamnya.

4. Kerusakan Akibat Kesengajaan

Mobil anda akan mendapat klaim jika kerusakan mobil akibat kesengajaan. Misalnya mobil anda menabrak mobil lain atau dengan sengaja memukul kendaraan sampai rusak. Bisa juga karena anda menerobos banjir sehingga mesin kemasukan air. Ini tidak akan masuk ke dalam klaim asuransi, karena anda seharusnya berkendara dengan menghindari banjir. Kecuali memang Anda terjebak banjir maka bisa langsung menghubungi perusahaan asuransi.

Itu tadi beberapa informasi yang perlu Anda ketahui mengapa klaim asuransi mobil di Indonesia bisa ditolak. Tentu saja harus anda baca baik-baik, jadi tidak bingung jika suatu saat mengalami penolakan saat klaim asuransi mobil. Bagi Anda yang sedang mencari platform untuk pembelian asuransi yang tepat maka bisa membelinya di Lifepal. Anda bisa  mendapatkan diskon premi sebanyak 25%.

Sementara itu, jika anda ingin membeli asuransi kesehatan murah, Lifepal menyediakannya untuk anda. Di Lifepal Anda bisa mendapatkan diskon cicilan sampai 30% untuk kategori pembelian asuransi kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *